NITF

NITF (News Industry Text Format)

Sebuah Solusi Berbagi Berita

DIKEMBANGKAN PENERBIT BERITA, UNTUK PENERBIT BERITA

NITF menggunakan format XML (eXtensible Markup Language) untuk menjabarkan isi dan struktur artikel berita. Dikarenakan metadata diterapkan di dalam konten berita membuat berkas NITF jauh lebih mudah ditemukan dan lebih berguna dibandigkan halaman HTML.

Dengan NITF, penerbit bisa mengambil tampilan, feel, dan interaksi dokumen-dokumennya ke kebutuhan bandwidth, perangkat, personal dari para pembaca. Dokumen ini bisa diubah ke HTML, WML (for wireless devices), RTF (untuk percetakan), atau format lainnya yang diinginkan penerbit.

NITF telah dikembangkan IPTC. Ini adalah sebuah standar yang terbuka, publik, terbukti, digunakan, didokumentasikan, dan didukung dengan baik.

NITF merupakan standar XML yang didesain untuk menyusun satuan artikel berita. Begitu juga dengan NewsML-G2, merupakan standar IPTC, untuk menyusun paket berita multimedia. Di satu sisi, NewsML-G2 tidak terdapat konsep paragraph atau subheadline dan pada NITF tidak ada konsep sidebar atau alternative translations pada dokumen yang sama – sehingga keduanya saling melengkapi. Cari tahu selengkapnya tentang penggunaan NITF dengan NewsML-G2 pada “G2 Guidelines for Implementers

Spesifikasi

Versi terbaru NITF adalah 3.6, dirilis pada Januari 2012.

Dokumentasi

Dukungan

The grup diskusi pengguna NITF biasa digunakan untuk berbagi pengalaman, mengembangkan pertanyaan, merekomendasikan dan mendiskusikan perubahan-perubahan yang terjadi pada standar NITF. Grup tersebut juga mempertemukan perusahaan dan organisasi yang menggunakan NITF dengan vendor yang membuat alat untuk memproses dokumen NITF. 

Referensi


Posted

in

by

Tags: