Siapa yang Menggunakan ‘ARB’

Organisasi dan sistem yang berbeda menggunakan Arsitektur Berita (ARB) AKSMO dengan cara yang berbeda.

Vendor sistem telah membangun sistem mereka di lingkungan arsitektur sebagai cara untuk menghemat waktu pengembangan, membuat alat mereka secara otomatis kompatibel dengan perangkat lunak lain dan mitra gabungan.

Menggunakan terminologi umum yang akrab bagi pengembang dan arsitek dalam operasi berita di seluruh dunia, Arsitektur Berita IPTC telah diterapkan beberapa perusahaan dan sistem, antara lain:

SourceFabric’s SuperDesk

Pada tahun 2011, ketika Sourcefabric mulai mengerjakan Superdesk, platform manajemen ruang redaksi kami, kami beralih ke International Press Telecommunications Council (IPTC) untuk mendapatkan inspirasi. Melalui proyek News Architecture dan NewsML -nya, IPTC telah membuat skrip proses pembuatan berita dengan “standar” metadata seluruh industri. Dirancang untuk memfasilitasi berbagi konten antar penyedia berita, pekerjaan IPTC juga menjadi dasar pembuatan perangkat lunak kami.

“NewsML menjelaskan secara rinci bagaimana berita dibuat, mulai dari penyerapan konten ke dalam CMS hingga publikasi item berita,” kata Chief Technology Officer Sourcefabric, Holman Romero. “What is amazing about IPTC’s standards is that they apply metadata to every step of the news-creation process. This was eye-opening as we were planning Superdesk, because we were able to follow the NewsML methodology and essentially wrap that knowledge in code.”

Info selengkapnya, lihat IPTC’s news post from July 2016 atau Superdesk’s blog post from 2019.

Peran Malang Art Channel

Melalui adopsi terhadap standar IPTC, Malang Art Channel pun berupaya menghasilkan alat-alat terobosan yang bisa mengolah dokumen-dokumen yang telah standar.

Alat-alat terobosan itu bisa berupa berangkat lunak yang memproses data yang ada di dalam item-item berita untuk bisa dengan mudah dikelola dan ditampilkan ke khalayak.

Kedepannya, alat-alat tersebut akan menjadi alat yang digunakan para penerbit berita sehingga membuat manajemen item berita lebih bisa teratur.


Posted

in

by

Tags: