Komponen Utama

Komponen utama IPTC News Architecture adalah:

NewsItem

NewsItem wadah untuk konten jurnalistik apa pun seperti teks, gambar, video, atau audio.

PackageItem

PackageItem adalah wadah untuk referensi ke grup NewsItem (atau Item lainnya). Ini dapat digunakan, misalnya, untuk mengaitkan teks dengan konten gambar, audio, dan/atau video.

PlanningItem

PlanningItem digunakan untuk mengelola alur kerja produksi jurnalistik. Sebuah PlanningItem mungkin dibuat oleh redaktur pelaksana saat sebuah berita terjadi. Kerangka dasar sebuah cerita dibuat dan sumber daya dialokasikan (jurnalis, pekerja lepas, atau seluruh kru berita). Mungkin slot waktu dialokasikan dalam urutan berjalannya program berita malam. PlanningItem dapat berubah dan berkembang untuk mendukung perkembangan cerita, dan sebagai hasilnya, merupakan terdiri dari satu atau beberapa NewsItems dan PackageItem.

CatalogItem

CatalogItem digunakan untuk mempertahankan referensi ke kosakata terkontrol, yang disimpan sebagai KnowledgeItems. Setiap NewsItem harus mengidentifikasi katalog kosakata terkontrol mana yang dapat dirujuknya, sehingga setiap NewsItem dapat berdiri sendiri.

ConceptItem

ConceptItem mewakili satu item dari kosakata terkontrol. Selain nama dan definisi dalam berbagai bahasa, Konsep dapat merujuk ke konsep lain untuk menunjukkan hierarki istilah yang lebih luas dan lebih sempit (menggunakan tipe hubungan SKOS W3C).

KnowledgeItem

KnowledgeItem adalah kumpulan Konsep yang dapat menyertakan referensi hierarkis antar konsep. KnowledgeItem adalah kosa kata terkontrol yang sepenuhnya sesuai dengan SKOS, dengan beberapa ekstensi seperti pensiun dan tanggal yang dimodifikasi.

The KnowledgeItem adalah kumpulan Konsep yang dapat menyertakan referensi hierarkis antar konsep. KnowledgeItems adalah kosa kata terkontrol yang sepenuhnya sesuai dengan SKOS, dengan beberapa ekstensi seperti pensiun dan tanggal yang dimodifikasi.


Posted

in

by

Tags: