Arsitektur Berita

Digunakan organisasi berita terkemuka dunia

Arsitektur Berita AKSMO, adalah:

“Kerangka kerja tingkat tinggi di ekosistem berita”

Mendefinisikan konsep, hubungan, dan proses yang menggerakkan pembuatan, distribusi, dan konsumsi berita.

Dikembangkan mulai akhir November 2022, dengan mengadopsi News Architecture (NAR) yang dikelola IPTC.

Arsitektur Berita AKSMO akan mulai diuji dan diterapkan ke berbagai konteks berita – dari siaran pers hingga berita langsung hingga pengalaman interaktif, dan lain sebagainya.

Prinsip Dasar Arsitektur Berita (ARB) adalah…

  • Fleksibel – konsep dasar yang sama dapat diadaptasi dan digunakan kembali untuk berbagai konteks dan jenis konten berita yang berbeda
  • Platform independen – standar utama yang mengimplementasikan NAR adalah IPTC’s NewsML-G2, penerapannya menggunakan XML, tetapi semua standar IPTC masuk ke dalam framework, termasuk SportsML, ninjs (News in JSON), rNews (model web semantik IPTC untuk berita), NewsCodes dan bahkan bagian dari Standar Metadata Foto IPTC.
  • Progressive – level dan banyak hal detail dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
  • Selalu Berevolusi – Tim Arsitektur Berita AKSMO bakal terus memperbarui dan mempertahankan standar, memastikan bahwa standar tersebut dapat mendukung perkembangan baru dalam industri berita. Misalnya, beberapa peningkatan terbaru mencakup dukungan untuk kepercayaan dan kredibilitas dalam pelaporan berita, yang dibuat bekerja sama dengan The Trust Project, RSF’s Journalism Trust Initiative, serta nantinya akan berkolaborasi dengan organisasi profesi jurnalis (AJI, PWI, IJTI, dll).

Posted

in

by

Tags: